Cara Mengobati Perut Kembung dengan Metode Sederhana

 

Cara Mengobati Perut Kembung dengan Metode Sederhana



Catatandelapan.com- Perut kembung memang harus segera diatasi karena selain tidak nyaman, bisa jadi ini membahayakn kesehatan. Simak penjelasan berikut ini mengenai beberapa cara mengobati perut kembung yang bisa Anda terapkan secara langsung di rumah.

Mengompres Perut dengan air Hangat

Kompres perut dengan air hangat

Cara pertama, saat perut Anda kembung cobalah untuk mengompresnya dengan air hangat, dan aplikasikan menggunakan waslap. Kompres perut dengan durasi mulai dari 10 hingga 15 menit untuk meredakan kram dan rasa nyeri akibat kembung.

Saat proses dikompres, suhu hangat dari waslap yang sudah direndam dengan air ini akan membantu melebarkan pembuluh darah. Selanjutnya, darah yang kaya oksigen akan mengalir dengan lancar, sehingga otot perut akan mengendur dan terasa rileks.

Memijat Sekitar Area Perut

Memijat area perut

Alternatif berikutnya, Anda bisa mengatasi perut kembung dengan memijatnya terutama di dekat area tulang pinggul. Manfaat dari pijatan ini adalah untuk mengurangi kandungan gas yang menyebakan perut kembung dan melancarkan sitem pencernaan.

Buatlah gerakan pijatan perlahan yang disertai dengan tekanan kecil di sisi kanan tulang rusuk mengarah ke bagian atas, lalu berpindah ke sisi kiri. Ulangi pijatan ini sesuai keperluan hingga perut terasa lebih rileks dan kembung mulai menghilang.

Berhenti Merokok untuk Sementara Waktu

Berhenti merokok

Bagi para perokok, salah satu cara yang tepat untuk mengatasi perut kembung adalah menghentikan kebiasaannya untuk sementara waktu. Anda perlu menghentikan kebiasaan merokok ini untuk sementara agar perut tidak semakin begah.

Sebab, ketika Anda merokok, akan menyebabkan asap dan udara yang masuk ke dalam perut semakin banyak. Hal ini akan membuat kondisi perut kembung semakin parah bahkan bisa mengakibatkan timbulnya iritasi pada saluran pencernaan yang menyebabkan rasa sakit semakin bertambah.

Membatasi Porsi Sekali Makan

Membatasi porsi makan

Cara mengobati perut kembung yang selanjutnya, yaitu membatasi porsi dalam sekali makan dengan ukuran tidak terlalu besar. Hal ini karena kembung bisa terjadi ketika Anda merasa begah karena banyak makan, akan tetapi tidak menyadarinya.

Anda perlu mulai membatasi porsi dalam sekali makan ke dalam ukuran yang lebih kecil agar perut tidak merasa begah. Selain itu, cara ini digunakan untuk membuat fungsi saluran pencernaan kembali normal karena tugas usus dan organ lambung tidak terlalu berat.

Berusaha Sendawa atau Kentut

Buang angin

Berikutnya, coba atasi perut kembung dengan berusaha untuk kentut atau bersendawa, meskipun sulit. Kentut dan sendawa sebenarnya adalah cara alami untuk mengatasi peut kembung, sebab Anda akan mengeluarkan gas di dalam tubuh.

   Ketika perut sudah terasa tidak nyaman, maka Anda harus menjauhkan diri dari keramaian untuk mencoba untuk membuang gas. Hal ini akan membuat perut terasa lega karena gas yang terperangkap di dalamnya akan cepat keluar, sehingga tidak mengakibatkan perut kembung.

Banyak Melakukan Aktivitas

Banyak beraktifitas

Pada saat perut terasa kembung, cobalah untuk mengatasinya dengan cara melakukan banyak gerak dan aktivitas. Jangan hanya duduk saja ketika perut kembung karena akan menyebabkan kondisi ini semakin berlarut.

Apabila Anda merasakan perut kembung, segeralah untuk bangkit dan melakukan gerakan sekitar 10 hingga 15 menit. Lakukanlah olahraga ringan yang akan membantu mengeluarkan gas dan membuat otor usus mengendur, sehingga saluran pencernaan akan terasa lebih ringan lagi.

Menghindari Mengonsumsi Minuman Bersoda

Jangan minum soda

   Menghindari minuman bersoda merupakan cara berikutnya untuk mengatasi perut kembung agar gas tidak semakin menumpuk. Hal ini karena minuman bersoda banyak mengadung karbondioksida yang bisa menimbulkan gelembung.

   Lalu, gelembung tersebut akan masuk ke dalam saluran pencernaan yang membuat kondisi perut kembung semakin parah. Tak hanya itu saja, minuman bersoda juga mengandung pemanis buatan yang membuat perut merasa semakin tidak nyaman.

Makan Secara Perlahan

Makan secara perlahan

  Terakhir, makan secara perlahan juga efektif untuk mengatasi perut kembung karena berguna untuk meminimalisir udara masuk ke dalam saluran pencernaan. Sebab, tak jarang perut kembung terjadi akibat makan yang terburu-buru.

    Cara mengobati perut kembung yang satu ini bisa diimbangi dengan makan dalam porsi kecil saja. Usahakan untuk mengunyah makanan secara perlahan dan sampai halus, sehingga lebih mudah dicerna oleh saluran pencernaan dan tidak banyak kandungan udara yang ikut di dalamnya.

Subscribe to receive free email updates:

No comments:

Post a Comment