Sijunjung heboh,Dengan adanya peredaran Buku Siswa SD dengan Narasi Suku Minang Beragama Katolik

Sijunjung heboh,Dengan adanya peredaran Buku Siswa SD dengan Narasi Suku Minang Beragama Katolik



Catatandelapannews-Baru baru ini Kabupaten sijunjung Provinsi Sumatera Barat  heboh karena adanya buku pelajaran anak SD yang bernarasi Suku minang Beragama katolik.

Narasi buku yang viral di media sosial tersebut dengan tulisan berjudul "Ini Teman Aminah". Adapun cuplikan narasi bukunya adalah:

Aminah murid kelas IV sekolah dasar. Teman-teman Aminah bernama Kristin, Ni Luh, Ucok dan Ujang. Mereka berasal dari suku bangsa berbeda. Ucok dari Batak, Ujang dari Sunda, Ni Luh dari Bali, Kristin dari Minangkabau dan Aminah sendiri dari Jawa.Agama mereka pun berbeda-beda. Aminah dan Ujang beragama Islam, Ucok beragama Kristen, Ni Luh memeluk agama Hindu, sedangkan Kristin memeluk agama katolik. Mereka selalu rukun dan tolong-menolong.

Dalam tata bahasa, narasi itu tidak ada masalah. Namun, publik menggugat soal suku Minangkabau yang dikaitkan dengan agama katolik. padahal umumnya semua suku minang memeluk agama Islam.

Buku pembelajaran bernarasi suku Minangkabau beragama yang bikin heboh itu, ternyata telah beredar di 9 SD. Hal tersebut diketahui dari hasil penelusuran Dinas Pendidikan Sijunjung pasca viralnya kabar tersebut.

Sumber:harianhaluan.com

Subscribe to receive free email updates:

No comments:

Post a Comment