8 Makanan Khas Sumatera Barat yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Ranah Minang

Kuliner Khas Sumatera Barat


Sumatera Barat memang tidak ada habisnya jika membahas tentang wisata. Mulai dari wisata alam, wisata religi, wisata sejarah, hingga wisata kuliner. Sumatera Barat terkenal dengan berbagai masakan khas yang tersebar diseluruh Indonesia bahkan dunia. Tidak heran jika di daerah manapun kita sering menemukan Nasi Padang yang disukai semua kalangan. 

Berikut ini catatandelapan.com merangkum

8 makanan khas dari Sumatera Barat yang wajib dicoba saat berkunjung ke Ranah Minang. 

1. Randang

Rendang

Siapa yang tidak kenal dengan masakan yang satu ini. Dinobatkan sebagai makanan ter Enak di Dunia, Randang atau Rendang memang memiliki rasa yang enak dengan bumbu rempah pilihan sehingga menghasilkan rasa yang khas dan digemari banyak orang.

Randang biasanya terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan rempah dan santan. Tapi tidak hanya daging, di Sumatera Barat juga ada berbagai jenis Randang, seperti randang Lokan, randang telur, randang paru, dan lainnya. 

2. Teh Talua

Teh Talua

Teh talua merupakan minuman tradisional yang terdapat di Sumatera Barat. Teh Talua atau Teh Telur dibuat dari telur bebek yang dikocok dan dicampur dengan teh, gula dan susu. Ada juga teh talua jenis lain seperti teh talua tapai dan teh talau pinang yang rasanya sama-sama enak dan tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan. 

3. Nasi Kapau

Nasi Kapau

Kapau merupakan sebuah daerah yang berada di kabupaten Agam, Sumatera Barat. Berjarak lebih kurang 10KM dari Kota Bukittinggi yang terkenal dengan wisata Jam Gadang. 

Nasi Kapau banyak dijumpai di Kota Wisata Bukittinggi. Terkhususnya di Los Lambuang yang lokasinya dekat dari Jam Gadang Bukittinggi. Nasi Kapau terkenal sangat enak karena bumbunya yang menggunakan rempah khas dari daerah kapau. Banyak variasi menu yang disajikan ketika kita membeli nasi Kapau ini. 

4. Pensi

Pensi

Pensi biasanya banyak kita temukan di sekitar Danau Maninjau dan Danau Singkarak. Pensi merupakan jenis kerang kecil yang banyak terdapat di Danau dan sungai di Sumatera Barat. Pensi dimasak dengan bumbu khas orang Minang. Rasanya dijamin bikin nagih. 

Harganya pun terjangkau mulai dari Rp. 5000 saja kita sudah bisa menikmati satu plastik pensi yang yang enak. Selain di danau, biasanya kita juga bisa menemukan pedagang yang bejualan pensi di tempat wisata seperti Jam Gadang. 

5. Itiak Lado Mudo

Itiak Lado Mudo

Masih sekitar Kota Bukittinggi, selain wisata Jam Gadang dan Lobang Japang, kita juga bisa mencicipi kuliner khas di Bukittinggi, yaitu Itiak Lado Mudo. Makanan ini terbuat dari daging itik atau daging bebek yang dimasak dengan bumbu rempah pilihan dan cabe hijau.

Itiak lado mudo bisa kita jumpai di berbagai tempat makan di Kota Bukittinggi. 

6. Galamai

Memasak Galamai

Makanan ini terdapat di daerah Payakumbuh, Sumatera Barat. Galamai terbuat dari olahan beras ketan yang dimasak dengan santan dan dicampur gula aren. Makanan manis ini menjadi oleh-oleh khas dari Kota Payakumbuh. Memiliki rasa yang manis dan khas, galamai akan disukai semua kalangan. Jadi jika anda berkunjung ke Kota Payakumbuh, tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khas yang satu ini. 

7. Gulai Kapalo Lauak

Gulai Kapalo Lauak

Gulai kapalo lauak biasanya bisa kita jumpai di daerah Pariaman, Padang, dan pesisir selatan. Gulai kapalo lauak terbuat dari kepala ikan yang diolah menjadi masakan gulai yang enak. Lauak adalah nama lain dari ikan di daerah tersebut. Gulai kapalo lauak banyak disajikan di berbagai Rumah Makan yang ada di daerah itu. 

8. Lamang Tapai

Lamang Tapai

Makanan yang terbuat dari beras ketan ini menjadi makanan pembuka. Rasanya asam manis. Lamang Tapai terbuat dari beras ketan yang diisi bumbu santan, kemudian dibakar kurang lebih selama 2 jam. Lamang kemudian dibumbui tapai yang dibuat dari fermentasi beras ketan hitam dan ragi.

Makanan ini biasanya dijumpai saat bulan Ramadhan sebagai menu berbuka puasa. 


Itulah 8 makanan khas Sumatera Barat yang wajib dicoba saat berkunjung keranah Minang. 

Tidak hanya itu, di Sumatera Barat masih banyak makanan tradisional lainnya yang menjadi khas setiap daerah. Jadi jika berkunjung ke Sumatera Barat, selain menikmati alam yang indah dan sejuk, tidak ada salahnya kita juga mencicipi berbagai makanan khas yang terdapat di Sumatera Barat. 



Subscribe to receive free email updates:

No comments:

Post a Comment